community-ideas-sharing

Mahasiswa adalah agen –agen pemuda yang kritis dan siap membela rakyat , ia menjadi ‘penyambung lidah’ dari penderitaan rakyat dan menyampaikannya secara intelektual. Sekiranya begitulah yang ada dalam benak dan pikiran kita selaku mahasiswa . Namun , sayangnya Mahasiswa mulai meninggalkan ‘marwah’nya sebagai agen pemuda pembentuk peradaban dan keadilan . Mahasiswa yang menjadi ekspetasi perubahan bangsa kedepan malah kehilangan moral dan logika dalam perjalanannya. Mahasiswa kehilangan semangat ke-mahasiswa-an-nya dengan segala ‘embel-embelnya’ .

Mahasiswa menjadi kurang ideal karena tidak mempedulikan orang lain disekitarnya, banyak mahasiswa yang malah terjerumus pada pergaulan yang salah arah, menjadi pemabuk , pemakai narkoba dan lain sebagainya. Mahasiswa yang diharapkan menjadi penyambung lidah rakyat malah diam tertunduk melihat penderitaan rakyat disekitarnya, terlebih banyak yang tidak peduli atau bahkan tidak tahu.

Mahasiswa sejujurnya adalah pemuda pilihan yang diberikan special treatment dari Tuhan Yang Maha Kuasa karena tidaklah semua pemuda menjadi Mahasiswa , maka kesempatan menjadi Mahasiswa mahal harganya. Menjadi Mahasiswa berarti meninggalkan ke-egoisan dirinya untuk mengabdi secara ikhlas membantu rakyat , dengan tetap menjadi intelektual dan para ahli di bidangnya kelak. Dengan kata lain, Mahasiswa haruslah menjadi IDEAL

Ideal yang tidak dipermainkan oleh politik pragmatis dan “kawan-kawannya” , tidak hanya memberikan kritik, tapi dengan solusi dan memuji pemerintah dengan tetap memberikan opini nya.

Mahasiswa sepatutnya menjadi mahasiswa yang seutuhnya, bukan menjadi pemuda biasa yang belajar akademisi dan berlalu saja . Mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang belajar sekaligus menjadi organisator ,sehingga ia tidak peduli terhadap dirinya sendiri saja ,tapi juga orang lain.

Mahasiswa yang seutuhnya selalu mengasah nalar nya dan logika agar ia tidak sesat pikiran dan terjerumus pada lubang-lubang setan. Mahasiswa yang ideal tahu bagaimana bersikap profesional dalam hal waktu . Ia tahu waktunya untuk menjadi seorang pejuang dan waktunya menjadi seorang pelajar.

Dalam kesimpulannya, mahasiswa harus selalu ideal baik di dalam kampus maupun saat ia keluar dari kampusnya.

SALAM MAHASISWA !!