ghouta

Prihatin, sungguh sangat memprihatinkan. Prihatin terhadap perilaku orang-orang yang menutup mata teradap hal yang tak dilihatnya. Prihatin terhadap orang-orang yang tidak peduli kepada apa yang dialami saudara sesamanya. Prihatin kepada orang-orang yang tak prihatin selama hal tersebut tak menimpanya.

Tahukah kalian bahwa di beberapa Negara di luar sana sedang mengalami krisis kemanusiaan? Tahukah kalian bahwa banyak warga sipil baik pria wanita maupun anak-anak di sana sedang menangis dan ketakutan? Tahukah kalian bahwa  ratusan warga sipil menjadi korban jiwa  akibat kekejaman tersebut?

Telah terjadi serangan militer Suriah ke Ghouta Timur dalam beberapa hari terakhir yang menurut sumber BBC telah menelan korban jiwa 520 dengan 121 di antaranya adalah anak-anak, serta menyebabkan 393 ribu orang terkepung dan terjebak di antara bunker dan runtuhan bangunan. Tahukah kalian mengenai tragedi ini?

Saudara kalian di Ghouta sedang menangis, Palestina sedang menangis Rohingya sedang menangis, belum lagi berbagai tragedi kemanusiaan lainnya yang tidak diblow-up media. Tapi kalian disini tidak peduli. kalian tidak mau berempati. kalian tidak mau menangis atas penderitaan mereka. Hanya karena hal tersebut tidak terjadi disini. Hanya karena kejadian tersebut tidak menimpamu.

Begitukah sikap kalian? Jika tidak, maka bergeraklah untuk saudaramu disana. Bergeraklah membantu mereka. Ulurkanlah tanganmu dan doakan mereka. Ulurkanlah tanganmu dan tolonglah mereka. Ulurkanlah tanganmu dan sedikit rezekimu untuk mereka. karena mereka membutuhkanmu.

Jika kalian tidak dapat membantu dengan tenaga, maka tolonglah mereka dengan hartamu. Jika harta pun kalian tak ada, maka tolonglah mereka dengan do’amu. Jika berdoa pun kalian tak mau, maka jangan menghalangi orang lain yang ingin membantu. “Barangsiapa yang berusaha melapangkan suatu kesusahan kepada seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari suatu kesusahan di hari kiamat dan barang siapa yang berusaha memberi kemudahan bagi orang yang kesusahan, maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Barang siapa yang berusaha menutupi kejelekan orang Islam, Allah akan menutupi kejelekannya di dunia dan akhirat. Allah selalu membantu hamba-Nya selama hamba itu menolong sesama saudaranya.”  (HR Muslim)