S_7721113886859

“Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong)” (Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (I/384)

 

Seputar April Mop

Setiap tahunnya  tanggal 1 April dikenal dengan April Mop , hari dimana orang –orang dengan bebas melakukan gurauan , kebohongan dan keusilan kepada orang lain , orang yang dikerjai tidak boleh marah karena alasan April Mop.

Namun , ada tragedi dibalik April Mop a.k.a April’s  Fools Day , tragedi yang menyayat hati umat Islam.

 

Sejarah April Mop

Islam pernah menggema di Spanyol pada abad ke-8 M di Spanyol , Dibawah kegigihan dan perjuangan kaum muslimin banyak daerah-daerah di Spanyol yang tunduk kepada Islam .Saat itu, berabad-abad lamanya, terjadi perang salib dan Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri dari tentara-tentara salib terus mengejar mereka., tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol. Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.

Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya. Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus. Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman. Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

 

Pandangan April Mop Dalam Islam

April Mop sarat dengan dusta dan keusilan , umat islam tidak boleh menggunakan dusta dan keusilan hanya untuk ke-iseng-an ataupun dalam suatu bentuk perayaan yang menyerupai orang kafir. dalam suatu tausiyyah oleh Syaikh DR. Faisal Ghazawi Hafidzhahulloh mengatakan jika April Mop tidak boleh dirayakan karena berbagai alasan seperti ;

  1. Karena itu adalah dusta. Dusta bukan bagian dari akhlak seorang beriman, tapi akhlak kaum munafiqin. Rasulullah SAW bersabda, “Tanda orang munafik itu ada tiga, bila berbicara dia berdusta, bila berjanji dia ingkar, dan bila diberi amanah dia berkhianat.” Dalam hadits lain disebutkan, “Ada empat perkara bila semuanya berkumpul pada diri seseorang, maka dia adalah orang munafik murni, salah satunya adalah dusta”.
  2. Karena kedustaan akhlak yang bertolak belakang dengan keimanan. Rasulullah saw pernah ditanya apakah seorang mukmin bisa menjadi seorang pengecut? Rasulullah saw menjawab, ”ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang yang pelit?” Rasulullah SAW menjawab, “ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ia bisa menjadi orang pendusta?” Rasulullah SAW menjawab, “tidak”.
  3. Dusta adalah pengkhianatan terhadap sahabat dan teman. Rasulullah SAW bersabda, “Sebesar-besarnya pengkhianatan, sebesar-besarnya pengkhianatan, adalah jika engkau berbicara pada saudaramu dengan perkataan yang dia anggap engkau jujur, sedangkan engkau berdusta kepadanya”.
  4. April Mop termasuk taqlid a’ma (mengikuti secara membabi buta), terhadap kebiasaan non Muslim/Kafir. Kita sebagai umat yang dijadikan Alloh swt sebagai umat pertengahan, dan menjadi saksi atas manusia tidak boleh mengikuti kebiasaan orang-orang non-Muslim melakukan kedustaan, kebohongan, keburukan. Kita tidak boleh mencampur antara yang baik dengan yang tidak baik”

 

Selain itu , ada beberapa tragedi yang terjadi berkaitan dengan April Mop di berbagai belahan dunia dari yang merugikan material hingga sampai menimbulkan korban jiwa , seperti ;

  • Gempa yang terjadi pada tanggal 1 April 1946 di Pulau Aleutian menyebabkan tsunami di Kepualauan Hawai dan Alaska yang menewaskan 165 orang. Hal ini terjadi akibat orang-orang tidak percaya kedatangan tsunami yang dianggap sebagai April Mop.
  • April Mop merenggut jiwa Tom Rogers karena menipu dokter dengan mengatakan ada seorang wanita yang disakiti . Dokter yang ditipu itu menikam Tom Rogers hingga meninggal dunia (April 5, 1886 – Atlanta Constitutionin Georgia)
  • Penduduk kota Jafr , Jordania sampai harus dievakuasi karena berita bohong tentang invasi alien yang disebabkan April Mop ( Jafr Alien Invasion)

 

Kesimpulan

Hari perayaan April Mop tidak perlu dirayakan ataupun diperingati dengan alasan apapun , karena sejatinya perayaan tersebut tidak memiliki manfaat bagi orang lain dan bahkan dapat merusak pertemanan dengan orang lain . April Mop juga sejatinya memiliki sejarah yang kelam bagi umat islam sehingga tak pantas ia dirayakan ataupun dijadikan sebagai trend bagi kaum muslim.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  • Internet :

http://www.muslimdaily.net/artikel/opini/april-mop-dalam-tinjauan-syariat-islam.html

https://paleofuture.gizmodo.com/9-more-horrific-april-fools-day-pranks-of-the-19th-cent-1793819272

  • Buku :

“Valentine Day, Natal, Happy New Year, April Mop, Halloween: So What?”, Penulis: Al-Akh Rizki Ridyasmara, Pustaka Alkautsar, Jakarta, 2005

  • Lain – Lain :

Uraian Tausiyah/Nasehat Syaikh DR. Faisal Ghazawi Hafidzhahulloh (Imam Masjidil Haram-Makkah, Saudi Arabia, Dosen Fakultas Qiraah Jami’ah Ummul Qura’-Makkah, Saudi Arabia)