Review Talkshow Muslimah

Cinta adalah anugerah. Semua pasti pernah merasakan indahnya cinta.. Cinta bisa ditujukan kpd siapa saja, bisa kpd Allah swt sang Pencipta seluruh jagat raya, Rasulullah saw, malaikat Allah, pasangan kita (yg sudah More »

MENJAGA SUNNAH PENTAHAPAN (MARHALAH) DALAM DA’WAH

DALAM melakukan pengambilan tindakan yang  mudah  juga  sangat dianjurkan  untuk  menjaga  sunnah  pentahapan dalam melakukan da’wah,  sebagaimana  yang  berlaku  dalam  sunnatullah   pada makhluk-Nya  dan  pada  perintah-Nya; dan juga yang berlaku di dalam More »

MENGUBAH FATWA KARENA PERUBAHAN WAKTU DAN TEMPAT

PENGAMBILAN tindakan yang  mudah  juga  dianjurkan  dalam  hal berikut  ini. Pentingnya pengetahuan tentang perubahan kondisi manusia,  baik   yang   terjadi   karena   perjalanan   waktu, perkembangan   masyarakat,   maupun  terjadinya  hal-hal  yang sifatnya  darurat,  sehingga  para  More »

Seminar Motivasi dengan tema “The Power of The Youth” (Kekuatan Pemuda)

Assalamu ‘alaikum, yo ayo mana suaranya yang berjiwa muda? Taukah kalian? Muhammad Al-Fatih, menaklukan Konstantinopel di umurnya yang ke 19 tahun. Lalu, Al – Khawarizmi, sang founder father matematika dasar dan penemu More »

 

LISAN

fitnah-akhir-zaman

 

Saat itu terjadi kegaduhan dalam umat yang mulia ini, umat islam. Hal ini disebabkan karena rasa iri yang muncul pada kaum anshar saat melihat Rasulullah SAW membagikan ghanimah kebanyak orang yang baru masuk islam. Hal ini terjadi pada saat perang hunain, saat pasukan muslim kocar-kacir paman Rasulullah SAW, Abbas RA memanggil kembali para anshar dengan mengingatkan baiat aqabah mereka dan akhirnya kaum muslimpun berhasil membalikan keadaan perang saat itu.
.
Namun hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW bukan membentak ataupun mengeksekusi para muslimin kaum anshar ini. Malah sebaliknya Rasulullah SAW memberika perkataan-perkataan yang sangat baik dan menentramkan hati para sahabatnya itu hingga mereka pun berkata “kami ridha dengan pembagian Rasulullah”.
.
Di sisi lain tersebab turunnya surat al-masad alias al-lahab juga disebabkan oleh perkataan seseorang. Tidak lain adalah perkataan Abu Lahab yang menghinakan Rasulullah SAW dan Allah SWT langsung membalas dengan rentetan ayat hingga menjadi satu surat penuh yang berisi penghinaan terhadap Abu Lahab dan istrinya.
.
Dua hal diatas menunjukan pada kita bahwa lisan adalah suatu alat yang sangat bermanfaat, dia
dapat memadamkan api kecemburuan, namun disisi lain dia dapat memesankan api neraka bagi
penggunanya.
.
Maka, dalam hadits yang sering kita dengar “lebih baik diam” jika tidak ada perkataan baik sedikitpun yang bisa kita lontarkan. Namun hal ini bukan berarti diam selalu menjadi kebaikan, dan begitu juga berbicara bukan berarti selalu menjadi sumber bencana.
.
Bilal bin rabah RA karena perkataanya-lah dia membuk#kan panasnya padang pasir dan batu yang diempakan pada dirinya tidak lebih besar dari pertolongan Tuhannya. Yang dia selalu mengatakan “ahad, ahad, ahad”.
.
Jadi, di bulan yang penuh berkah ini, jangan lah kita kotori keindahan amal-amal kita dengan perkataan yang sia-sia yang tidak membawa kita mendekat pada Allah SWT, dan jangan kita sia-siakan kemampuan kita untuk berbicara yang baik.
.
Penulis: Galang Bagaskara, S.Ked

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>